MANAJEMEN PENDIDIKAN DI ERA REFORMASI
By: Imma Helianti Kusuma
Artikel ini membahas mengenai pengelolaan pendidikan di masa kini atau di era reformasi saat ini dimana perubahan-perubahan pasti akan selalu berjalan selaras dengan tuntutan zaman. Pembenahan manajemen pendidikan secara serius merupakan salah satu langkah antisipatif untuk mempersiapkan diri agar pengelola pendidikan dapat tetap bertahan pada saat perubahan semakin berkembang pesat. Si penulis memaparkan 7 pembenahan secara global di berbagai bidang yang meliputi: 1) sensitivitas lembaga terhadap perubahan peluang, 2) manajemen organisasi, 3) manajemen strategi, 4) manajemen sumber daya manusia, 5) reformasi pembelajaran, 6) pembiayaan pendidikan, dan marketing pendidikan.
Pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting bagi kehidupan manusia. Dengan semakin berkembangnya zaman maka tuntutan-tuntutan untuk memperbaiki pendidikan masa kini semakin besar pula. Pemerintah dulu telah mencanangkan wajib belajar 9 tahun yang diteruskan menjadi 9 tahun. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan sangat penting bagi bangsa ini dan berkaitan sangat erat dengan kualitas sumber daya manusia yang ada saat ini. Terdapat kerisauan mengenai rendahnya sumber daya manusia (SDM) Indonesia di pasar global. Dari situlah muncul sebuah pertanyaan bagaimana pendidikan di negara ini?.
Pendidikan yang bermutu tercermin dari sekolah yang bermutu. Sekolah yang bermutu akan menghasilkan SDM yang bermutu pula. Rendahnya mutu pendidikan menunjukan hasil yang signifikan terhadap rendahnya mutu SDM. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa perlu adanya perbaikan pada mutu pendidikan di Indonesia guna memperbaiki mutu SDM. Berangkat dari situ, seorang pengelola pendidikan harus tahu hal-hal apa yang perlu dibenahi pada sistem pendidikan yang telah diterapkan untuk semakin meningkatkan mutu pendidikan.
Pada saat ini banyak muncul lembaga-lembaga pendidkan yang diakui keberadaanya oleh masyarakat padahal mereka masih relatif baru di dunia kependidikan dan belum teruji benar atau dapat diandalkan. Banyak dari lembaga pendidikan yang telah lama berdiri tergeser oleh kemunculan lembaga-lembaga baru tersebut. Padahal, jika difikir secara logis, lembaga pendidikan yang baru berdiri dengan jam terbang pendek belum tentu memiliki kualitas pendidikan yang baik. Akan tetapi ada juga lembaga pendidikan yang baru berdiri tapi mereka memiliki kualitas yang bagus/mutu pendidikannya baik.
Disini saya hanya akan menganalisis mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia yang dipaparkan oleh penulis. Karena SDM sangat berkaitan erat dengan mutu pendidikan yang ada saat ini. Tetapi tentu saja SDM ini sangat berkaitan erat dengan unsur-unsur lain seperti Manajemen Organisasi dan Manajemen Strategi.
Pengelolaan Sumber Daya Manusia di dalam suatu organisasi sangatlah penting karena dalam organisasi tersebut orang-orang memiliki tugas masing-masing dan juga saling berinteraksi. Manajemen SDM merupakan bagian dari manajemen organisasi yang berfokus pada pengelolaan sumber daya manusia yang ada di organisasi tersebut. Pengembangan SDM juga dibagi dalam beberapa area kerja yang meliputu desain organisasi, pengembangan organisasi, perencanaan dan pengembangan karir pegawai, perencanaan sumber daya manusia, sistem kerja pegawai, kompensasi dan gaji, kearsipan pegawai.
Salah satu pilar utama dalam membangun organisasi adalah kemampuan setiap individy yang tergabung dalam organisasi, karena tiap individu memiliki kompetensi masing-masing yang berbeda satu sama lain sehingga dalam suatu organisasi terbagi-bagi menjadi beberapa jobdisk yang masing-masing diisi oleh orang-orang dengan kapabilitas di bidang tersebut. selain itu dibutuhkan karakter-karakter tertentu bagi suatu individu pada suatu lembaga dalam era reformasi saat ini, katrakter SDM yang dibutuhkan saat ini adalah karakter seseorang yang mempunyai integritas, inisiatif, kecerdasan, keterampilan sosial, penuh daya dalam bertindak dan inovasi, imajinasi dan kreatif serta karakter lain yang sifatnya dapat membangun sebuah organisasi menjadi lebih baik lagi.
Sebuah lembaga pasti akan mempersiapkan sebuah rekruitment yang mengacu pada karakteristik di atas, karena kemampuan-kemampuan diatas dianggap sudah sesuai dengan era reformasi. Dari rekruitmen yang berpedoman pada karakteristik di atas, maka akan diperoleh SDM-SDM yang berkualitas sehingga dapat memperbaiki mutu pendidikan melalui perbaikan pada SDM di suatu lembaga tersebut.
Baca artikel asli selengkapnya disini.
Baca artikel asli selengkapnya disini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar